Thursday 20 October 2016

Tafsir Dakwah 1

MAKALAH TAFSIR DAKWAH (KOMUNIKASI) Tentang SURAH AL-HUMAZAH
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Surah al Humazah ini terdiri dari 9 ayat, tergolong surat-surat Makkiyah dan diturunkan setelah surat Al Qiyamah. Kaitannya dengan surat Al ‘Ashr ialah ketika Allah di dalam Surat Al ‘Ashr menyebutkan bahwa semua persoalan manusia bergelimang dalam kesesatan, kecuali orang yang dilindungi Allah, lalu di sini Dia menyebutkan sebagian sifat-sifat orang yang sesat itu.
 Surat ini bercerita tentang kecelakaan yang akan dialami oleh orang yang suka mengumpat dan mencela. Mengumpat adalah mencaci maki dan menjelek-jelekkan orang lain secara terang-terangan ketika orang yang dicaci maki itu ada di hadapannya. Sedangkan mencela, biasanya dilakukan ketika orang yang dicela itu tidak ada. Orang yang senang mengumpat disebut pengumpat.
Pada zaman Nabi Muhammad SAW terdapat seorang musyrik yang bernama Al-Akhnas bin Syuraiq. Dia adalah orang yang sangat membenci Nabi SAW. Setiap bertemu Nabi dia mencaci maki beliau. Jika Nabi tidak ada, dia menjelek-jelekkan beliau di depan orang banyak. Karena itu, Allah menurunkan surat Al Humazah yang menjelaskan bahwa orang seperti itu akan celaka.

B.     Rumusan Masalah
a.       Bagaimana tafsiran ayat surat Al-Humazah?
b.      Apa asbabun nuzul dari ayat al-humazah?
c.       Bagaimana aspek komunikasi dalam surat al-humazah?

C.    Tujuan
Supaya para pembaca bisa mengatahui apa tafsiran dari setiap ayat pada surat Al-Humazah, asbabun nuzulnya serta aspek komunikasi yang dipakai dalam surat al-humazah.

No comments:

Post a Comment